TERBARU !

Minggu, 23 April 2017

SILSILAH NASEHAT ULAMA BIMBINGAN ISHLAH

๐Ÿ“š ุงู„ุฅุณุชู‚ุงู…ุฉ ุนู„ู‰ ุงู„ุณู†ุฉ ๐Ÿ“š:
๐Ÿ‡ SILSILAH NASEHAT ULAMA๐Ÿ’ฆ

BIMBINGAN ISHLAH 

Dalil dalil perintah  untuk ishlah diantara dua oarang yang saling  bertengkar dari kaum muslimin. 

Dalil dari Al-kitab :
Firman Allah Ta'ala:
Hanyalah orang yang beriman itu bersaudara maka ishlahkanlah hubungan sesama diantara mereka. (Alhujorat :10).

๐ŸŒด Al imam Alqurthubi berkata dalam kitab aljamik liahkamilquran :

Bersaudara dalam ayat ini adalah bersaudara karena agama bukan karena nasab keturunan. 
Dan ukhuwah agama itu lebih kokoh daripada ukhuwah keturunan sebab ukhuwah nasab itu akan terputus dengan sebab menyelisihi agamanya. 

๐Ÿ’ฆ Dan Al Hafidz Ibnu Katsir rahimahullah telah berkata dalam tafsirnya :

Dalam ayat ter-sebut, terdapat perintah untuk ishlah baik terjadi saling peperangan atau hal lainnya seperti saling caci maki dan mencela meskipun  terjadi diantara 2 orang muslim serendah khilaf apapun maka usahakanlah untuk berishlah.. 

๐Ÿ’งDan Firman Allah Ta'ala :
Maka bertaqwalah kalian kepada Allah dan ishlahkanlah hubungan sesama antara kalian 

๐Ÿ–Œ Syaikh Abdurahman As sa'dy berkata Dalam Tafsiir karimirahman fi tafsir kalamil mannan :
Ishlahkanlah hubungan antara kalian dari perbuatan sikap saling membenci, saling hajr /menghindar saling menjauhi dengan sikap saling Kasih sayang dan mencintai  dan bersatu.. 
Maka dengan demikian akan terjalin kesatuan kalimah kalian dan akan hilang apa yang pernah terjadi dengan sebab sikap saling menghindar  seperti saling bertengkar dan berdebat dan berselisih.. 

๐Ÿ’Ž Dan Firman Allah Ta'ala
Tidak ada kebaikan pada kebanyakan apa yang dibisikkan oleh mereka kecuali orang yang memerintahkan untuk bershodaqoh atau hal yang baik atau mengishlahkan manusia. Barangsiapa tang melakukan hal itu karena mencari keridhoaan Allah niscaya kami akan beri pahala yang besar pada dia (Annisa/114)

๐Ÿ–Œ Syaikh Abdurrahman Ibnu Assa'dy berkata dalam tafsirnya :
Pengishlahan tidak akan terjadi kecuali pada kejadian 2 orang yang saling bertengkar dan berselisih dan saling bermusuhan yang  mesti akan menimbulkan keburukan dan perpecahan yang tidak mungkin bisa dibatasi.. 

Maka oleh karena itu Yang menetapkan syariat menganjurkan untuk berishlah diantara manusia baik dalam urusan darah, Harta dan kehormatan bahkan dalam masalah agama sebagaimana Firman Allah Ta'ala :
Berpegang teguhlah kalian dengan Agama Allah seluruhnya dan jangan kalian berpecah belah.. 

Kemudian  Syaikh rahimahullah mengingatkan tentang perkara penting yang berkaitan dengan pengishlah lalu beliau berkata :
๐Ÿ–Œ Hanya saja sempurnanya pahala sesuai dengan niat ikhlas ,oleh karena ini Allah berfirman barangsiapa yang melakukan ishlah untuk mencari keridhoan Allah niscaya kami akan memberi padanya pahala yang besar 

๐Ÿ–Œ Dan sudah sepantasnyalah dia untuk mengetahui bahwa ishlah itu harus disertai dengan keadilan sebagaimana Firman Allah :
Maka ishlahkanlah oleh kalian hubungan keduanya dengan adil

๐Ÿ’ง Syaikh Abdurrahman bin Nasir As Sa'dy dalam tafsirnya :
Ini perintah untuk damai dan adil dalam ishlah. 
Sesungguhnya ishlah itu terkadang terwujud namun tidak terdapat keadilan bahkan terjadi kedholiman dan kecurangan pada salah satu diantara keduanya yang bertikai, maka ini bukanlah ishlah yang diperintahkan maka wajib untuk tidak terjadi keberpihakan pada salah satu diantara keduanya baik karena hubungan kerabat, atau satu negri dll dari maksud dan tujuan yang mesti terdapat penyimpangan dari keadilan. 

๐ŸŒด Adapun dalam sunnah 
Maka telah datang hadits disisi Bukhori dari hadits Sahl bin Sa'ad radhiyallahu anhu bahwa Ahli Quba saling bertikai sampai mereka melempar Batu maka dikabarkan kepada Nabi shallallaahu alahi wasallam tentang hal itu maka beliau berkata:
Pergilah kalian bersama kami untuk kami ishlahkan hubungan yang ada diantara mereka.. 

Dari ummu darda dari abi darda radhiyallahu anhuma telah berkata Rosulullah bersabda:
Maukah aku kabarkan kepada kalian amal yang paling utama dari derajat puasa sholat dan shodaqoh mereka berkata :ya beliau bersa

Share this:

Posting Komentar

Arsip Informasi

 
Copyright © 2014 " AL-ISTIQOMAH ALA SUNNAH ". Designed by OddThemes | Distributed By Gooyaabi Templates
" Ahlan Wasahlan Di Website Dakwah Yayasan Al-Istiqomah Ala-Sunnah "