TERBARU !

Minggu, 23 April 2017

PENJELASAN RINCi TENTANG AL ISTIQOMAH DARI AL KITAB DAN AS SUNNAH

📚SILSILAH KAJIAN ILMIYAH 📚

🌿 PENJELASAN  RINCI TENTANG AL ISTIQOMAH DARI AL KITAB DAN AS SUNNAH 🌿

Dalil dari Al Quran :

Firman Allah Ta'ala 

 { إن الذين قالوا ربنا الله ثم استقاموا فلا خوف عليهم ولا هم يحزنون أولئك أصحاب الجنة خالدين فيها جزاء بما كانوا يعملون

Sesungguhnya orang orang yang telah berkata Robb kami adalah Allah kemudian mereka beristiqomah maka tidak ada rasa ketakutan atas mereka dan tidak ada ke sedih han mereka itu penghuni Syurga kekal didalamnya sebagai balasan terhadap apa yang mereka perbuat. 

Syaikh Ibnu utsaimin Rahimahullah berkata :
Dan dalam ayat  ini sebagai dalil atas pentingnya  istiqamah diatas agama Allah, dengan bahwa men jadikan manusia itu tetap istiqomah dengan tidak menambahi, tidak mengurangi ,tidak merubah, tidak menggantinya. 
Adapun orang yang berbuat berlebihan dalam agama Allah atau melecehkannya atau menggantikan nya, maka dia tidak istiqomah diatas syariat Allah 
Dan istiqomah itu memiliki sifat itidal pertengahan dan adil dalam semua hal sampai dia menjadi orang yang beristiqomah lurus

Teks arab 

,وفي هذا دليل على أهمية الاستقامة على دين الله بأن يكون الإنسان ثابتا لا يزيد ولا ينقص ولا يبدل ولا يغير فأما من غلا في دين الله أو جفا عنه أو بدل فإنه لم يكن مستقيما على شريعة الله عز وجل والاستقامة لابد لها من الاعتدال في كل شيء حتى يكون الإنسان مستقيما
---------------------------------------------

Dalil dari Hadits :

.Dari abu amr /Abu amroh sufyan bin abdillah radhiyallahu telah berkata :aku berkata wahai rasulullah katakanlah kepadaku dalam islam suatu perkataan yang aku tidak bertanya pada seorangpun selain engkau? Beliau berkata :katakanlah aku beriman kepada Allah kemudian beristiqomah lah 
(Hr muslim) 

Telah bekata Syaikh Ibnu Utsaimin Rahimahullah dalam syarah Riyadhusholihin; 

FAEDAH HADITS

1⃣ Antosias shahabat pada ilmu, dan yang demikian itu ada suatu soal yang ditanyakan kepada Nabi shallallahu alahi wasallam. 

2⃣ Kecerdasan Abi amr/abi amroh radhiyallahu di mana dia bertanya dengan pertanyaan yang besar yang terdapat padanya ketuntasan masalah dan tidak perlu tanya kepada yang lainnya. 

3⃣ Bahwa manusia sudah sepantasnyalah untuk menanyakan tentang ilmu dengan satu pertanyaan yang mencakup semua masalah dan mencukupkan sehingga tidak terdapat padanya kesyubhatan dengan perkataannya :suatu perkataan yang aku tidak bertanya pada seorangpun selain engkau. 

4⃣ Bahwa Nabi shallallahu alahi wasallam telah memberi kalimat yang mencakup banyak makna dimana meliputi semua ketntuan agama yang ada pada dua kalimat: aku beriman kemudian beristiqomahlah. 
Dan telah di tunjukkan pendukungnya oleh Firman Allah. 

5⃣ Pengungkapan kalimat istiqomah dengan tanpa pengungkapan yang ada pada manusia sekarang yaitu dengan kalimat Iltizam berpegangan. Maka sesungguhnya manusia sekarang bila ingin memuji seseorang yamg berpegang Teguh dengan agamanya mereka berkata :fulan multazim fulan berpegangan yang benar adalah fulan mustaqim fulan itu lurus dan istiqomah sebagaimana yang datang dalam alquran dan alhadits

6⃣ Barang siapa yang telah menyia nyiakan kewajiban nya maka dia tidak beristiqomah bahkan dia didapati padanya ada penyimpangan dan beratnya penyimpangan itu sesuai dengan kadar kewajiban yang telah ditinggalkannya atau hal yang terlarang yang dilakukannya. 

7⃣ Bahwa sudah sepantasmyalah bagi manusia itu untuk  mengkoreksi dirinya selalu apakah dia sudah beristiqomah atau belum? 
Mak jika dia sudah beristiqomah dia memuji kepada Allah dan menyanjungnya dan memohon kepada Allah akan keteguhan. 
Dan jika dia tidak beristiqomah maka wajib atasnya untuk beristiqomah dan agar diluruskan jalannya kepada Allah aza wajalla. 
Maka barangsiapa yang terlambat sholat sampai keluar waktu maka dia tidak istiqomah sebab dia telah menyia nyiakan sholatnya. 
Barangsiapa yang tidak bayar zakat maka dia tidak istiqomah sebb dia. Menyia nyiakan zakat. 
Dan seseorang berbuat pelampauan batas pada kehormatan seseorang maka dia tidak istiqomah karena melakukan yang haram. 
Seorang menipu manusia

Share this:

Posting Komentar

Arsip Informasi

 
Copyright © 2014 " AL-ISTIQOMAH ALA SUNNAH ". Designed by OddThemes | Distributed By Gooyaabi Templates
" Ahlan Wasahlan Di Website Dakwah Yayasan Al-Istiqomah Ala-Sunnah "